Mataangin Saguling

Mataangin Saguling

MATAANGIN SAGULING, adalah sebuah prakarsa yang dirancang untuk menggerakkan, mengedukasi, dan memberdayakan masyarakat, agar mereka dapat menggali potensi dan kekuatan sendiri sehingga untuk jangka waktu panjang dapat berdaya dan mandiri. Prakarsa tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan antara lain:

  • Kegiatan literasi lewat taman baca untuk memberi kemudahan akses masyarakat kampung terhadap bahan bacaan dan sekaligus meningkatkan minat baca, khususnya anak usia sekolah.
  • Kegiatan-kegiatan yang meningkatkan kreativitas masyarakat khususnya anak-anak kampung.
  • Berbagi air bersih dengan penyaluran ke rumah-rumah warga secara gratis, mengingat sumber air bersih sangat terbatas dan bergantung hujan.
  • Berbagi bibit tanaman gratis sebagai upaya mengajak masyarakat untuk peduli pada lingkungan, sekaligus menjadi sumber ekonomi.

MATAANGIN SAGULING, sebuah tempat yang dirancang untuk menjadi pusat kegiatan kreatif masyarakat kampung, yang diharapkan dapat meningkatkan potensi dan kualitas sumber daya manusia.

MATAANGIN SAGULING adalah bentuk kepedulian sosial yang dirintis oleh Dr Subhan SD sejak tahun 2016 di bawah inisiatif Mataangin Indonesia Social Initiative. Ia memilih membenahi kampung  dengan menstimulus, mengajak, dan terlibat langsung agar munculnya prakarsa-prakarsa warga supaya bisa berdaya dan mandiri. Baginya, kampung adalah pondasi negara yang harus terus diperkokoh.

MATAANGIN SAGULING, juga merupakan tempat tetirah dan hibernasi sejenak di tengah kebun di sebuah bukit. Cocok untuk jeda sesaat dari kepenatan kota.

MATAANGIN SAGULING, berlokasi di Bukit Cigagak, Kampung Cijeruk, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat atau Jalan Rajamandala-Saguling Cipongkor.