Pos Ronda

Keamanan lingkungan merupakan prasyarat untuk kenyamanan hidup. Semua warga bertanggung jawab terhadap keamanan kampungnya. Kampung aman, warga pun senang. Agar kampung tetap aman, warga Kampung Cijeruk pun sepakat untuk menjaga kampung mereka.

Caranya dengan mengaktifkan kembali ronda keliling kampung yang dilakukan secara bergiliran. Setiap malam warga mendapat giliran untuk melakukan ronda keliling kampung. Setiap malam rata-rata ada 8-10 warga yang ronda. Mereka menjaga dan berpatroli keliling kampung supaya keamanan terkendali.

Warga bergotong-royong membangun pos ronda

Supaya mereka punya tempat untuk berkumpul dibangunlah pos ronda. Lokasinya di sisi Jalan Rajamandala-Cipongkor, persis di pinggir Mataangin. Pada awal Januari 2020, mulailah dibangun pos tersebut. Warga juga bergotong-royong berkontribusi untuk membangun pos ronda tersebut. Bahan-bahan material memanfaatkan kayu tebangan albasia (sengon) dari kebun Mataangin. Sejak pendirian pos ronda sampai beroperasi ronda keliling, secara sosial membuat warga semakin guyub, dan ada tanggung jawab bersama untuk menjaga kampung.

Warga menggelar syukuran dengan makan nasi liwet bersama (botram)